ES Puter untuk Layanan Pesta di Bali



Pernah mencoba nikmatnya  es puter ? Rasanya tidak kalah dengan es krim impor. meski dibuat dari bahan yang sederhana tapi es krim ‘ala Indonesia’ ini  punya rasa dan ciri khas tersendiri.

Di beberapa daerah di Indonesia (di Jawa misalnya), es puter sering juga disebut  ‘es dung-dung’, pasalnya sang penjual umumnya menggunakan ‘identitas’ suara yang dikeluarkan dari gong kecil yang jika dipukul berbunyi ‘dung-dung-dung’. Sebuah gong dipukul untuk menarik  perhatian pembeli.

Es Puter dalam bahasa Inggris disebut ‘hard ice cream’ sering disajikan dengan roti tawar, cone, maupun dalam gelas plastik (cup plastik). Di berbagai perayaan seperti pernikahan, ulang tahun dan hajatan lain, baik di rumah, retoran dan hotel,  es puter juga dijadikan menu penutup hidangan  tradisional  khas Indonesia.
Rasa khas es puter memberikan kenangan tersendiri yang bisa menimbulkan rasa ketagihan untuk menikmatinya kembali. Yang membuat beda es krim pada umumnya dengan es puter adalah dari bahan dasarnya. Es puter dibuat  dari santan (dan atau dicampur susu, creamer), sehingga menghasilkan rasa gurih yang dipadu dengan buah asli seperti nangka, kelapa muda, alpukat, durian atau kacang ijo.

Mengapa makanan olahan yang satu ini dinamakan ‘es puter?' Karena disesuaikan dengan cara pembuatannya yang diputar. Adonan es puter dijadikan satu dalam wadah, kemudian diputar di dalam silinder bersuhu dingin  (-3 derajat C) sehingga mengental dan lembut.

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda dan dikonsumsi di ice cream saloon di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Saat itu, es krim merupakan makanan mewah dan mahal. Lalu, agar lebih ekonomis, rakyat Indonesia mengganti bahan dasar es krim berupa susu, yang ketika itu sangat mahal, dengan santan. Santan yang terbuat dari kelapa ini banyak sekali terdapat di Indonesia, kemudian diolah menjadi es krim. Caranya, santan diaduk di dalam tong kayu, dengan campuran es dan garam selama 6-8 jam. Es krim santan ini kemudian dikreasikan dengan tambahan rasa lokal, seperti kelapa, kopyor, nangka, alpukat, ketan hitam dan lain-lain.

Nah…, kini Anda pun dapat menikmati kesegaran & kelezatan es puter ‘ala Bali’. Es Puter JOVELLA yang pengolahannya telah menggunakan mesin modern, hadir buat melengkapi pesta Anda (pernikahan, potong gigi, ultah, selamatan, dll). Siap anter sampai tujuan (free untuk peminjaman freezer).









ES PUTER JOVELLA
d/a: DEPOT PURI AGUNG
Jl. Sakura (Serongga) Gianyar, Bali
Ph & fax: 0361 942584

Pemesanan : 
08123 606 77 99 (Mobile Phone & WA)
BB: 

email                  : depotpuriagung@yahoo.co.id
Join Facebook    : Es Puter Jovella
Follow Twitter     : JOVELLA8

Komentar

  1. Produksi di denpasar dmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Denpasar, kalau mau test rasa, bisa datang ke ELKOGA Radio Bali, Jl. Kecubung No. 27 Denpasar. Kami ada titip 'freezer box' disini, untuk kepentingan sampel. Termasuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tks....!!!

      Hapus
    2. Boss ada no hp yang bisa di hubungi gak buat nyari es yang di kecubung ?

      Hapus
    3. Bli Artha, silahkan kontak 08123 606 7799 (ini juga utk WA). Tks..Bli!!!

      Hapus
  2. ada yang tau es puter daerah gianyar?

    BalasHapus
  3. Halloo.... Bli Yogix Kidzz, kami (Es Puter Jovella) beralamat di Gianyar
    tepatnya di Jl. Sakura No. 24 (Serongga) Gianyar (seberang Indomaret). Silahkan juga minta bantuan di 'google map' atau 'waze', ketik saja 'ES Puter Jovella'. Tks ...!!!

    BalasHapus
  4. kalo di denpasar bisa beli dimana? per cup kecil brpan ya?

    BalasHapus
  5. Ibu Christina Wibowo, di Denpasar, kalau mau test rasa, bisa datang ke ELKOGA Radio Bali, Jl. Kecubung No. 27 Denpasar. Kami ada titip 'freezer box' disini, untuk kepentingan sampel (tasting). Termasuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tks....!!! Wilayah Denpasar, biasa kami kirim kok !

    BalasHapus
  6. Kalau misalkan pesan untuk daerah penebel bisa gak?? Dan kalo boleh tau harganya brapa per biji??

    BalasHapus

Posting Komentar